Isu hidupnya lembaga bredel dalam
legislasi pers nasional kembali menghantui insan pers Indonesia. Beberapa
kalangan mengaku telah menerima draft perubahan UU Pers yang di dalamnya
konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel. Ketakutan akan kembalinya
rezim otoriter yang menaburkan kritik dan membudayakan sensor, pembungkaman,
serta pembutatulian warga kembali menyeruak. Tidak heran wacana yang hendak
dimunculkannya kembali dibredel dalam pembaruan hukum pers yang sebenarnya
masih dalam tataran isu menimbulkan gelombang penolakan.
Boleh dikata tidak ada satu pun
insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi di negeri ini yang mau
lembaga bredel dihidupkan kembali. Eksisnya lembaga bredel dikhawatirkan
memberi peluang bagi kekuasaan untuk secara diskredit menghentikan operasi
lembaga pers jika dianggap merongrong kewibawaan pemerintah. Pertanyaan
mendasar yang layak dikemukakan adalah sejauh mana kekhawatiran akan kembalinya
lembaga bredel harus diterima khususnya di era keterbukaan ini? Yang jelas, isu
munculnya bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena akan menghambat
kreativitas insan pers.
- Mengapa Pemerintah membuat
Undang-undang Pers yang mengatur pembredelan?
- Bagaimana sikap insan pers
terhadap rencana munculnya kembali lembaga bredel?
- Sejak kapan pembaharuan hukum
pers yang meresahkan insan pers itu terjadi di Indonesia?
- Siapa sajakah yang diuntungkan
secara konseptual dan finansial di era kebebasan pers?
- Pada media apa lembaga bredel
berwenang mencabut hak untuk terbit dan siaran?
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam paragraf pertama terdapat keterangan mengenai
bagaimana sikap insan pers yang menolak terhadap rencana munculnya kembali
lembaga bredel walaupun masih dalam tataran isu. Kalimat tanya yang sesuai
dengan isi paragraf pertama adalah :
Bagaimana sikap insan pers terhadap rencana munculnya
kembali lembaga bredel?
2. Mengapa insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi
menolak lembaga bredel dihidupkan kembali?
Jawaban yang tepat adalah karena ....
- dengan hidupnya lembaga bredel
dalam legislasi pers nasional akan menghantui insan pers
- insan pers dan pegiat merasa
takut akan kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor
- lembaga bredel dikhawatirkan
akan memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan
- lembaga bredel dikhawatirkan
memberi peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga
pers
- lembaga bredel akan menyensor
berita-berita yang dimunculkan di media massa dengan ketat
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikan paragraf kedua pada wacana tersebut diungkapkan
alasan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi menolak lembaga bredel
dihidupkan kembali karena dikhawatirkan akan memasung kreativitas lembaga pers
dan pegiat dalam pemberitaan.
3. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah ....
A. Wacana
menghidupkan kembali lembaga bredel ditentang insan pers dan pegiat hak atas
kebebasan informasi.
B. Eksistensi lembaga bredel di Indonesia menyebabkan
pemerintah sering menindak tegas insan pers.
C.
Di era keterbukaan ini lembaga pers mempunyai peranan serta
tanggung jawab yang besar kepada masyarakat.
D. Insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi merasa
dirugikan karena menjadi kambing hitam lembaga bredel.
E. Lembaga bredel bertugas menghentikan penertiban dan
penyiaran yang dikategorikan merongrong pemerintah.
Kunci : A
Penyelesaian :
Pada paragraf kedua diungkapkan bahwa wacana dihidupkannya
kembali lembaga bredel ditentang insan pers dan pegiat hak atas kebebasan
informasi.
4. Simpulan isi teks tersebut adalah ...
- Lembaga pers dan lembaga bredel
seharusnya bekerja sama demi kemajuan, bangsa.
- Pemerintah memandang perlu
adanya lembaga bredel untuk meredam pers yang kebablasan.
- Kehidupan pers di era
keterbukaan ini lebih baik bebas dan rasa takut dan khawatir.
- Rasa saling curiga antara
pemerintah dan insan pers berdampak negatif pada arus informasi.
- Isu munculnya lembaga bredel di
era kebebasan pers akan ditolak karena menghambat eksistensi insan pers.
Kunci : E
Penyelesaian :
Kesimpulan yang dapat diambil dari wacana tersebut adalah
isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena
menghambat eksistensi insan pers.
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru
keluar dari halaman belakang rumah salah seorang penduduk, warga Desa Mindi,
Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan ke-59
yang muncul di sekitar pusat semburan utama.
Menurut seorang ahli dan Leader
Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas berbahaya di sekitar pusat
semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar
itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau dibiarkan semburan itu
akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100
kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.
5. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut yang tepat adalah
....
- Pengawasan gas oleh tim ahli.
- Pendapat tentang semburan liar.
- Munculnya semburan liar.
- Mengecilnya semburan liar.
- Penutupan lubang semburan.
Kunci : C
Penyelesaian :
Ide pokok atau gagasan utama paragraf kedua dari wacana
tersebut adalah munculnya semburan liar.
6. Fakta dalam teks tersebut yang tepat adalah ...
- Semburan lumpur baru merupakan
semburan ke-59.
- Semburan liar itu tidak
berbahaya seperti semburan yang lainnya.
- Semburan liar itu sama dengan
semburan sebelumnya.
- Semburan liar itu akan mengecil
dengan sendirinya.
- Untuk menutup semua semburan
liar itu, diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : A
Penyelesaian :
Fakta adalah hal (keadaan/peristiwa) yang merupakan
kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dari wacana tersebut yang
merupakan fakta adalah semburan lumpur baru merupakan semburan ke-59.
7. Opini dalam teks tersebut adalah ....
- Semburan liar itu terjadi di
halaman rumah seorang warga.
- Semburan liar itu tidak
berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
- Semburan itu merupakan semburan
yang ke-59.
- Rumah warga yang terkena
semburan terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.
- Hari ini ke dalam lubang asal
semburan dimasukkan 100 kilogram semen.
Kunci : B
Penyelesaian :
Pendapat atau opini adalah pernyataan yang mengemukakan suatu
argumen atau tanggapan mengenai suatu hal. Kalimat yang dikategorikan opini
dari wacana tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil
dengan sendirinya.
8. Simpulan yang tepat untuk paragraf kedua adalah ....
- Semburan lumpur, air, dan gas
baru yang keluar di Desa Mindi berbahaya.
- Semburan yang keluar di Desa
Mindi merupakan semburan liar yang ke-59.
- Warga Desa Mindi menemukan
semburan lumpur liar di belakang rumah seorang warga.
- Semburan liar yang ke-59
tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil sendiri.
- Untuk menutup semburan liar
yang baru di Desa Mindi diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan yang tepat dari paragraf kedua wacana tersebut
adalah semburan liar yang ke-59 tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil
sendiri.
(1) Objek wisata Pangandaran
menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati
keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan
transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai
Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp
1.000,00 saja per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan
menikmati keindahaan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi
pantai Pangandaran.
9. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ...
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat utama paragraf di atas adalah Objek wisata
Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan
menikmati keindahan pantai. Sedangkan kalimat lain merupakan kalimat penjelas.
10. Makna
kata domestik dalam paragraf tersebut adalah ...
- asli Indonesia
- pribumi
- dalam negeri
- luar negeri
- kenegaraan
Kunci : C
Penyelesaian :
Kata domestik memiliki persamaan arti dengan kata dalam
negeri. Kata penghubung maupun dalam kalimat tersebut menyatakan
hubungan pertentangan antara kata sebelumnya yaitu kata domestik. Jadi,
kata yang mempunyai arti berlawanan dengan kata luar negeri adalah dalam
negeri.
11. Kalimat
penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah
nomor ....
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : E
Penyelesaian :
Gagasan utama pada wacana di atas adalah transportasi
rekreasi. Kalimat nomor (1), (2), (3), dan (4) membahas tentang transportasi
rekreasi sedangkan kalimat pada nomor (5) membahas tentang para pedagang yang
ikut meramaikan situasi Pangandaran.
(1) Badan kependudukan PBB atau United Nations Population
Fund (UNPF, dulu UNFPA), Rabu 27 Juni 2007, menerbitkan laporan tentang
kependudukan dunia. (2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dari setengah
penduduk dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun
2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun
2030. (4) Penghuni baru perkotaan ini adalah keluarga berpenghasilan rendah.
(5) Kalau saja tidak dilakukan langkah responsif, banyak kota yang tidak akan
mampu menampung pertumbuhan cepat tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi,
tetapi pertumbuhan alami dengan jumlah kelahiran lebih banyak daripada jumlah
kematian.
12. Kalimat
yang merupakan opini penulisan terdapat pada nomor ...
- (1) dan (2)
- (2) dan (3)
- (3) dan (4)
- (4) dan (5)
- (5) dan (6)
Kunci : B
Penyelesaian :
(2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dan setengah penduduk
dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3)
Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030.
Kedua kalimat tersebut merupakan opini atau pendapat bukan merupakan fakta
karena masih dalam wacana perkiraan.
KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIK DI
INDONESIA
TAHUN 2002/2003
![]() |
13. Pernyataan
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
- Berdasarkan ijazah tertinggi,
tenaga pendidik SMA lebih sedikit yang berijazah sarjana daripada tenaga
pendidik SMK.
- Sebagian besar tenaga pendidik
sekolah dasar hanya memiliki ijazah tertinggi.
- Tenaga pendidik SMK berijazah
tertinggi D3 lebih sedikit daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
- Berdasarkan persentase ijazah
tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana
dan pascasarjana.
- Berdasarkan jumlah guru, tenaga
pendidik SMP lebih sedikit berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
Kunci : D
Penyelesaian :
Pernyataan yang sesuai dengan tabel Kualifikasi Tenaga
Pendidik di Indonesia Tahun 2002/2003 adalah :
- Berdasarkan ijazah tertinggi,
tenaga pendidik SMA lebih banyak yang berijazah sarjana daripada tenaga
pendidik SMK.
- Sebagian besar tenaga pendidik
sekolah dasar hanya memiliki ijazah SMA dan D2.
- Tenaga pendidik SMK berijazah
tertinggi D3 lebih banyak daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
- Berdasarkan persentase ijazah
tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana
dan pascasarjana. (pernyataan sudah tepat)
- Berdasarkan jumlah guru, tenaga
pendidik SMP lebih banyak berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
14. Simpulan
isi tabel tersebut yang tepat adalah ....
- Tenaga pendidik pada SMK tidak
ada yang memiliki ijazah S3.
- Jumlah guru untuk SLB tidak
berbeda dengan TK.
- Jumlah guru SLTP paling banyak
di Indonesia.
- Ijazah S3 banyak dimiliki oleh
guru SLTP.
- Tenaga pendidik pada SMA paling
banyak memiliki ijazah sarjana.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dari semua data pada tabel di atas dapat disimpulkan bahwa
tenaga pendidik pada SMA yang paling memiliki ijazah sarjana.
Melihat tingkah kedua remaja itu,
ditambah dengan ajakannya yang menggoda, serta musik pengiringnya yang
merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu pun tergelitik ikut menari.
Semua mereka sekarang menari. Anak gadis yang duduk di sebelahku mungkin
tergoda pula untuk menari. Dia menoleh kepadaku dan berkata," Mari kita
ikut menari, Pak."
"Taklah. Badan Bapak masih
terasa sakit. Kau sajalah yang menari."
"Tapi tak ada pasangan yang
tersisa untukku. Ayolah! Temani saya. Tak apalah sakit-sakit sedikit. Apa kata
anak muda itu? Lupakan sejenak segala duka! Ayo. Mari sejenak kita ikut
berlupa-lupa."
"Bapak tidak pantas menari
bersamamu. Malu dilihat orang. Apa kata mereka nanti? Si tua yang tak tahu
dituanya!"
"Semua orang sekarang ini
sedang gila menari! Tak pantas kalau tak ikut menari di tengah orang yang
sedang menari. Ayolah, Pak. Ayolah. Malu bukan lagi milik orang sekarang ini.
Ayolah. Lupakan sejenak segala duka! Mari bergembira." Ditariknya
tanganku.
"Saya ingin sekali menari di
atas kereta rel listrik yang sedang berjalan. Bagaimana rasanya melenggok di
atas lantai yang bergoyang. Tak pernah saya temukan suasana gila seperti ini,
seumur-umur. Ayolah, Pak. Mumpung ada orang yang mengambil inisiatif."
Di
Atas Kereta Rel Listrik, Hamsad
Rangkuti
15. Masalah
yang diungkapkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
- ajakan seorang gadis kepada
tokoh "aku" untuk ikut menari
- keinginan tokoh "aku"
terhadap ajakan gadis untuk menari
- suasana gila di atas kereta rel
listrik yang sedang berjalan
- seorang gadis yang ingin ikut
menari di atas kereta rel listrik
- kesadaran tokoh "aku"
untuk menari mengikuti ajakan seorang gadis
Kunci : A
Penyelesaian :
Kutipan cerpen di atas mengungkapkan masalah tentang ajakan
seorang gadis kepada tokoh "aku" untuk ikut menari.
16. Amanat
yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
- Rasa malu hendaknya disesuaikan
dengan situasi dan kondisi pada saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya tidak
mengikuti perkembangan budaya asing.
- Orang harus mempertimbangkan
sesuatu sebelum melakukan perbuatan.
- Sebaiknya orang harus pandai
menyesuaikan diri dengan lingkungan saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya jangan
mudah tergoda oleh budaya dalam negeri.
Kunci : C
Penyelesaian :
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang
melalui karangan. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah
orang harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukan perbuatan yang
diwakilkan oleh tokoh "aku" dengan bersikap teguh hati dan tetap
tidak mau ikut menari karena berbagai alas an dan pertimbangan.
Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun
ingin rasanya ia hendak berputra laki-laki yang baik parasnya. Maka kata
permaisuri: "Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak."
Maka kata Nata: "Sungguh seperti kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga
bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun
Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita kedua dikehendaki oleh Shangyang
Sukma kembali ke kayangan kita." Maka kata Permaisuri: "Kakang Aji,
marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan
oleh Dewa mulia raya akan kita akan anak ini."
17. Watak
permaisuri dalam kutipan tersebut adalah ....
- takut pada suami
- keras hati
- taat beribadah
- suka berkhayal
- tinggi hati
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah kalimat terakhir, "Maka kata
Permaisuri : "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya kita akan anak
ini." Jadi watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah taat
beribadah.
18. Amanat
yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
- Janganlah memuja dewa-dewa.
- Bersabarlah dalam menghadapi
musibah.
- Bersikaplah saling menghormati
antara suami-isteri.
- Hindarilah perbuatan yang tidak
terpuji.
- Berdoa dan berusahalah jika
menginginkan sesuatu.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dalam kutipan cerita tersebut diceritakan bahwa belum
dianugerahinya putera antara pasangan sang raja dan permaisuri walaupun
demikian mereka tetap memohon doa kepada Shangyang Sukma berulang kali agar
segera dikaruniai putera. Jadi, amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut
adalah berdoa dan berusahalah jika menginginkan sesuatu.
(1) Sepeninggal kedua orang tuanya,
anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke
arah riak air. (2) Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3)
Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4)
Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu. (5) Itulah tanda
bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih.
(6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena
itu, ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya.
(Legenda Lok
Si Naga: Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)
19. Nilai
moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ...
- Seorang anak yang merasa
bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
- Seorang anak yang sering duduk
termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
- Seorang anak yang setia
menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
- Seorang anak yang selalu patuh
dan menurut nasihat orang tua.
- Seorang anak yang senang
melihat air sungai berwarna putih seperti susu.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kutipan cerita di atas menceritakan bagaimana kesetiaan
seorang anak kepada kedua orang tuanya dalam keadaan panas ataupun hujan bahkan
sampai akhir hayatnya untuk menunggui berubahnya air sungai menjadi putih
seperti air susu yang sebagai pertanda bahwa kedua orang tuanya telah menang
dalam perkelahian dengan naga putih seperti yang pernah diceritakannya. Jadi,
nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah seorang
anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
20. Bukti
latar tempat digambarkan pada kalimat nomor ....
- (1) dan (2)
- (1) dan (4)
- (2) dan (5)
- (3) dan (6)
- (4) dan (7)
Kunci : A
Penyelesaian :
Bukti latar tempat digambarkannya kejadian peristiwa cerita
tersebut pada kalimat nomor :
(1) Sepeninggal
kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai
sambil memandang ke arah riak air.
(2) Terlihat
air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu.
"Bangsat, siapa kau," Haji
Basuni membentak dan ketika menajami mukaku dengan geramnya ia hendak
mencengkeram aku. Setengah takut aku undur dan menjawab:
"Aku Leman Umi dan
Latifah." Dan tiba-tiba benciku timbul terhadap haji itu.
"Tapi, aku larang kau dekati
mereka, mengerti anak lapar?"
Betapa tersinggungku mendengar
kata-kata terakhir haji itu. Tapi, aku tak berani dan tak bisa berbuat apa-apa
selain kecut dan mendongkol.
Sesudah haji itu meninggalkan aku
dan baru saja aku melangkah, dari rumah Umi terdengar suara gaduh diiringi
tangis perempuan, dan itu suara Umi. Ia melolong-lolong dalam sela bentak dan
rotan, mungkin bersama kakaknya.
21. Watak
tokoh Haji Basuni dalam cerpen tersebut adalah ....
- keji, tetapi sangat sayang pada
anaknya
- berwibawa dan tegas dalam
bersikap
- kejam dan kasar dalam berucap
- bijaksana, tetapi keras dalam
bertindak
- kejam dan sangat disiplin
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah kalimat pertama dan kelima dari penggalan
cerpen di atas, "Bangsat, siapa kau," Haji Basuni membentak dan
ketika menajami mukaku dengan geramnya ia hendak mencengkeram aku."
"Tapi, aku larang kau dekati mereka, mengerti anak lapar?" memperlihatkan
watak tokoh Haji Basuni yang kasar dalam berucap. Pada kalimat terakhir, "Ia
melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan, mungkin bersama kakaknya." memperlihatkan
watak tokoh Haji Basuni yang kejam dalam tindakannya. Jadi watak tokoh Haji
Basuni dalam cerpen tersebut adalah kejam dan kasar dalam berucap.
22. Pendeskripsian
watak dalam penggalan cerpen di atas dilakukan dengan cara ....
- tanggapan tokoh lain dan dialog
antartokoh
- tanggapan tokoh lain dan
lingkungan tokoh
- dialog antartokoh dan
pikiran-pikiran tokoh
- deskripsi ciri fisik dan
tanggapan tokoh lain
- deskripsi gerak-gerik dan
lingkungan tokoh
Kunci : C
Penyelesaian :
Penggambaran watak dalam penggalan cerpen tersebut dilakukan
dengan cara dialog antartokoh dan pikiran-pikiran tokoh.
Menurut Ibu yang didengarnya dari
Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter
itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu
sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu
mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis
23. Konflik
dalam kutipan tersebut adalah ....
- Rasa benci istri kuli-kuli
kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
- Opzichter merasa marah karena
istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
- Rasa marah (gelap mata)
kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter.
- Rasa tertekan perasaan
istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka.
- Opzichter merasa terhina istri
kuli-kuli kontrak menolaknya.
Kunci : C
Penyelesaian :
Konflik dalam
sebuah berita ada dua jenis, yaitu :
a.
Konflik
lahir yaitu pertentangan seorang dengan
tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
b.
Konflik
batin yaitu pertentangan antara perasaan,
pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau
keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah rasa marah
(gelap mata) kuli-kuli kontrak
terhadap Opzichter.
24. Penyebab
konflik pada diri kuli kontrak adalah ....
- Kuli-kuli kontrak memaki-maki
Opzichter yang mengganggu istri mereka.
- Istri kuli-kuli kontrak
mengadukan Opzichter kepada suami mereka.
- Opzichter tidak dapat lagi
menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak.
- Istri kuli kontrak merasa
dihina oleh perlakuan Opzichter.
- Opzichter selalu mengganggu
istri kuli-kuli kontrak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Penyebab konflik pada diri kuli kontrak adalah Opzichter
selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
25. Peristiwa
akibat konflik tersebut adalah ...
- Opzichter menyerang kuli-kuli
kontrak yang melawan.
- Kuli kontrak memutuskan untuk
menyerang Opzichter.
- Opzichter mengutuk kuli-kuli
kontrak mengekang istrinya.
- Istri kuli kontrak mengadukan
perbuatan Opzichter kepada mereka.
- Kuli kontrak melindungi
istri-istri mereka dan bahaya.
Kunci : B
Penyelesaian :
Peristiwa/kejadian akibat konflik pada diri kuli yang marah
akibat istri-istrinya selalu diganggu oleh Opzichter adalah kuli kontrak
memutuskan untuk menyerang Opzichter.
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
...
A. Hasymi
26. Kata
petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang ...
- waktu sore hari
- kehidupan manusia
- suasana senja
- masa tua
- perasaan manusia
Kunci : D
Penyelesaian :
Majas metafora adalah perbandingan antara dua hal yang
dianggap memiliki persamaan sifat. Kata petang pada larik ketiga puisi
tersebut mempunyai makna lambang masa tua.
27. Maksud
bait kedua puisi tersebut adalah ...
- seseorang yang lengah di pagi
hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
- seseorang yang menderita
hidupnya karena tidak mempunyai ilmu dan harta
- seseorang yang miskin harta dan
miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
- seseorang yang telah
menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita
di hari tua
- seseorang yang melalaikan waktu
di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
Kunci : D
Penyelesaian :
Maksud yang dapat dipetik dari bait kedua puisi tersebut
adalah seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu
sehingga hidup menderita di hari tua.
28. Premis umum : Pada hari raya Idul Fitri jalur pantura macet.
Premis khusus : ...
Kesimpulan : Hari ini jalur pantura macet.
Premis khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut
adalah ....
- Hari ini hari raya.
- Hari ini hari Minggu.
- Hari ini banyak orang berlibur.
- Hari ini sebagian jalur pantura
macet.
- Hari ini hari raya Idul Fitri.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dari silogisme tersebut diuraikan menjadi :
(Pada) hari raya Idul Fitri = A
Jalan pantura macet = B
Hari ini = C
Rumus silogisme :
Premis Umum (PU) : A = B
Premis Khusus (PK) : C = A
Kesimpulan (K) : C = B
Jadi Premis Khusus yang tepat adalah C = A yaitu Hari ini
hari raya Idul Fitri.
29. Manusia
yang memiliki ilmu yang luas akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia
merasa dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada
dirinya. Ia pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya
dengan setangkai padi. Padi itu bila bulirnya makin berisi, makin berat
sehingga tangkainya tidak kuat menahan, dan akhirnya batang tangkai menjadi
merunduk. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf
tersebut adalah ....
- Begitulah bila padi itu berisi,
bulirnya semakin berat dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
- Contohlah ilmu padi bila Anda
tidak dikatakan seorang sombong dan tidak memiliki ilmu.
- Ilmu itu akan berguna bila diamalkan
seperti halnya bulir padi yang berbuah bernas (padat).
- Jadi, orang yang berilmu luas
sama halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin
merunduk.
- Demikianlah kesamaan padi dan
diri seseorang yang tidak memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan yang dapat ditarik dari wacana tersebut adalah jika
seseorang yang berilmu luas layaknya seperti tangkai padi yang berbulir bernas
(padat) akan semakin merunduk.
30. Saya
melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya
jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman-taman hal
yang sama juga saya lihat, orang duduk bersantai sambil membaca koran. Bahkan,
ketika saya keluar ruangan dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak
sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca ....
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ...
A. Di berbagai tempat semua orang mulai membutuhkan koran.
B. Kapan pun waktunya semua orang membutuhkan koran.
C. Akhir-akhir ini semua orang menginginkan membaca.
D. Demi tuntutan zaman semua orang menginginkan kemajuan dalam
membaca.
E. Jadi, banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.
Kunci : E
Penyelesaian :
Simpulan dari wacana tersebut adalah banyak orang yang
memanfaatkan waktu untuk membaca. Seperti kegiatan membaca koran dilakukan di
halte bus, di peron stasiun kereta api artinya mereka memanfaatkan waktu
menunggu untuk membaca. Demikian pula waktu santai di taman dan juga waktu berjalan
di trotoar mereka manfaatkan pula untuk membaca.
31. Pada masa lalu bila seseorang mau
menabung atau mengambil uang di bank, harus dating langsung ke bank tersebut
dengan memenuhi segala persyaratan. Demikian juga ketika seorang nasabah mau mentransfer
dana ke rekening lain, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala
persyaratan. Segala sesuatu harus diselesaikan di bank tempat nasabah tersebut
menyimpan uang. Sekarang, para nasabah semakin dimanjakan dengan ditawarkannya
berbagai pelayanan baru dalam perbankan. Bila nasabah akan mengadakan transaksi
mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek saldo akhir, transfer
antarrekening, membayar telepon, listrik, dan lain-lain dapat melakukan dari
jarak jauh dengan cara menelepon. Telebanking harus dimiliki setiap orang untuk
bertransaksi.
Simpulan pada akhir paragraf salah, perbaikannya adalah
........
A. Telebanking merupakan inovasi baru untuk mempermudah para
nasabah melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.
B. Telebanking memanjakan nasabah asal memenuhi persyaratan
perbankan.
C. Sebelum ada telebanking nasabah harus datang ke bank untuk
melakukan berbagai transaksi.
D. Telebanking bersifat multifungsi selain untuk transaksi
perbankan dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran rekening telepon,
listrik, dan lain-lain.
E. Telebanking
adalah transaksi perbankan yang dilakukan dan jarak jauh melalui telepon.
Kunci : A
Penyelesaian :
Simpulan bahwa telebanking harus dimiliki setiap orang untuk
bertransaksi. Simpulan yang benar adalah telebanking merupakan produk inovasi
baru yang memudahkan para nasabah dalam melakukan berbagai kegiatan transaksi
perbankan.
32. Udara
berkabut. Dingin menusuk kulit, sunyi, dan sepi sekali. Pepohonan pun terlihat
tidak bergerak. Terdengar sayup-sayup dari radio nyanyian Mozart Night mengalun
lambat beriba-iba .....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
...
A. Pelan-pelan air
mata meluncur membasahi pipinya.
B. Udara membawa
kristal, menebar di sepanjang halaman.
C. Lantas ia
menarik gorden, memandang keluar jendela.
D. Salju menaburi
jalanan asrama mahasiswa yang tegak di tengah kota.
E. Ia tersenyum
ketika mengingat saat-saat indah.
Kunci : D
Penyelesaian :
Paragraf ini termasuk paragraf deskripsi karena adanya
penggambaran suatu keadaan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut agar menjadi paragraf yang baik adalah salju menaburi jalanan asrama
mahasiswa yang tegak di tengah kota.
33. Warung
internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru. Dengan
........ harga sewa yang jauh lebih murah daripada hotel, sejumlah warnet
dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan sandarannya untuk tidur.
Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower. Selain mirip
tempat tinggal, warnet tersebut juga ........ ratusan buku komik.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang
dalam paragraf tersebut adalah...
- tawaran, penyajian
- ditawarkan, disajikan
- penawaran, tersaji
- menawarkan, menyajikan
- menawarkan, sajikan
Kunci : D
Penyelesaian :
Warung internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif
tempat tinggal baru. Dengan menawarkan harga sewa yang jauh lebih murah
daripada hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan
sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower.
Selain mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga menyajikan ratusan
buku komik. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam
paragraf tersebut adalah menawarkan dan menyajikan.
34. Tujuan
pelatihan kecerdasan emosional ini ........ orang tua sadar terhadap emosi
mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka ........ menyelaraskan
diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
- demi, bagi
- bila, agar
- agar, untuk
- kalau, demi
- bahwa, yang
Kunci : C
Penyelesaian :
Dari klausa yang terdapat pada kalimat tersebut menunjukkan
hubungan yang menyatakan tujuan sehingga kata penghubung yang tepat adalah agar
dan untuk. Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini agar orang
tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka untuk
menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
35. Hasil percobaan masyarakat desa dalam membudidayakan lele
dumbo.
Penulisan judul karangan tersebut yang sesuai dengan EYD
adalah ........
- Hasil Percobaan Masyarakat desa
dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa
dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa
Dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa
dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat desa
dalam Membudidayakan Lele Dumbo
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam penulisan judul karangan yang sesuai EYD berlaku
ketentuan bahwa semua awal kata ditulis dengan huruf kapital kecuali kata
penghubung dan kata depan. Jadi penulisan judul yang tepat adalah : Hasil
Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
36. Dalam film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang
menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma sok
tahu.
Perbaikan yang tepat terhadap struktur yang salah pada
kalimat tersebut adalah ...
- Dalam film ini ingin
menceritakan orang-orang yang menghakimi Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan bahwa
orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri
Ajeng alias cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan
tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri Ajeng itu
cuma sok tahu.
- Film ini ingin menceritakan
orang-orang yang menghakimi diri Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini dikatakan oleh
orang-orang yang menghakimi Ajeng itu sebagai orang yang cuma sok tahu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Kata yang harus dihilangkan karena dapat menghilangkan
fungsi subjek adalah kata dalam. Perbaikan yang tepat terhadap struktur
yang salah pada kalimat tersebut adalah Film ini ingin mengatakan bahwa
orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng
alias cuma sok tahu.
37. Penerapan
Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta Latar
belakang karya tulis yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...
- Sering ditemukan kesalahan
penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
- Siswa SMA di Jakarta perlu
belajar tentang cara mengarang yang baik.
- Setiap mengarang siswa SMA di
Jakarta selalu menggunakan kalimat baku.
- Siswa SMA harus menggunakan
kaidah penulisan dalam mengarang.
- Setiap mengerjakan tugas bahasa
Indonesia sejak SMA tidak menggunakan EYD.
Kunci : A
Penyelesaian :
Latar belakang adalah dasar atau alasan suatu tindakan. Jadi
latar belakang diadakannya karya tulis dengan tema Penerapan Ejaan yang
Disempurnakan (EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta adalah sering
ditemukannya kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
38. Penulis
tergelitik hatinya untuk melakukan penelitian iklim organisasi di
sekolah tersebut. Makna lugas (yang sebenarnya) untuk pengganti kelompok kata
yang tercetak tebal tersebut adalah ...
- terkesan
- tertarik
- terpanggil
- terpaksa
- tersentuh
Kunci : B
Penyelesaian :
Makna lugas dari kata tergelitik hatinya adalah tertarik.
39. BANK MASPION
Bank Swasta Devisa yang berkembang, memberi kesempatan
kepada ANDA bergabung dengan tim kami yang dinamis, dengan spesifikasi sebagai
berikut:
KADIV PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA (KADIV PPJ)
§ Pengalaman min.
3 tahun sebagai Product Manager atau min. 5 tahun sebagai staff
pengembangan produk pada perbankan, asuransi atau periklanan.
§ Untuk
ditempatkan di Jakarta/Surabaya.
STAFF INFORMATION TECHNOLOGY (STAFF IT)
- S1/D3 Teknik Informatika dari
universitas terkemuka dengan IPK > 3,00
- Untuk ditempatkan di kota
Malang dan bersedia dimutasi di kota-kota lainnya di Indonesia.
Jika ANDA memiliki kualifikasi untuk posisi tersebut di
alas, kirimkan lamaran disertai daftar riwayat hidup dan foto terbaru ke:
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat
berdasarkan iklan di atas adalah...
- Dengan hormat, melalui lamaran
ini saya mengajukan permohonan untuk bergabung dengan tim Saudara.
- Bersama ini saya ajukan lamaran
pekerjaan kepada Direksi PT Bank Maspion Indonesia.
- Setelah membaca dalam harian
Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan dan
siap bergabung dengan tim Saudara.
- Berkenaan dengan iklan yang
dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan lamaran
pekerjaan untuk posisi staff IT.
- Dengan ini saya mohon agar
Bapak berkenan menerima lamaran ini untuk ditempatkan pada posisi yang
mana saja.
Kunci : D
Penyelesaian :
Kalimat pembuka lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tertentu
harus menyebutkan atau mencantumkan nama surat kabar sumber iklan, tanggal
pemuatan iklan pada surat kabar dan tentang apa. Kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah Berkenaan dengan
iklan yang dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan
lamaran pekerjaan untuk posisi staff IT.
40. Demikian
surat lamaran ini kami ajukan dan atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu
terima kasih.
Perbaikan yang tepat untuk penutup surat lamaran pekerjaan tersebut
adalah ........
- Atas perhatian saudara kami
ucapkan banyak terima kasih.
- Atas perhatian dan perkenan
Saudara kami ucapkan beribu terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu, saya
mengucapkan terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu kami
menyampaikan rasa terima kasih.
- Atas perhatiannya saya
sampaikan terima kasih banyak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Perbaikan yang tepat untuk penutup surat lamaran pekerjaan
tersebut adalah Atas
perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
41. Adapun
identitas saya adalah sebagai berikut.
Penulisan identitas pelamar yang tepat untuk melanjutkan
kalimat tersebut adalah ........
A. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir :
Malang, 12 Januari 1982
Alamat :
Jalan Magelang 12, Malang
Pendidikan :
SMA
B. nama : Hanun
Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir :
Malang, 12 Januari 1982
alamat :
Jalan Magelang 12, Malang
pendidikan :
SMA
C. nama : Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir :
Malang, 12 Januari 1982
alamat :
Jln. Magelang 12, Malang
pendidikan :
SMA
D. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir :
Malang, 12 Januari 1982
Alamat :
Jln. Magelang 12, Malang
Pendidikan :
SMA
E. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir :
Malang, 12 Januari 1982
Alamat : Jl. Magelang 12, Malang
Pendidikan :
SMA
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam surat lamaran pekerjaan penulisan identitas pelamar
harus diawali dengan huruf kecil karena merupakan lanjutan dari kalimat
sebelumnya.
42. Buku Pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini
pembahasannya sangat agus karena dilengkapi dengan contoh-contoh analisis
semiotiknya maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan
menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi.
Kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi
tersebut adalah ........
- Buku tersebut wajib kita beli
karena isinya sangat bermanfaat.
- Buku itu sangat bagus dan sudah
dilengkapi dengan pembahasan.
- Karena kita bukan ahli dalam
bidang puisi sebaiknya kita membaca buku ini.
- Buku ini layak dimiliki pembaca
yang ingin belajar memahami puisi.
- Kita perlu membaca buku ini
meskipun kita tidak suka dengan puisi.
Kunci : D
Penyelesaian :
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai
sebuah hasil karya atau buku, atau memberikan pertimbangan baik buruknya sebuah
hasil karya sastra. Kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi
tersebut adalah Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami
puisi.
43. (1) Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di
atas 130.
(2) Dalam paradigma IQ dikenal kategori hamper atau genius
kalau seorang punya IQ di atas 140.
(3) Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang
mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di
atas level normal (lebih dari 100).
(4) Harapan ini tentu sah saja.
(5) Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut
lebih dari 160.
Agar menjadi paragraf yang baik urutan kalimat-kalimat di
atas yang benar adalah ........
- (1), (2), (3), (4), (5)
- (2), (3), (4), (5), (1)
- (3), (1), (4), (2), (5)
- (4), (2), (5), (3), (1)
- (5), (3), (1), (4), (2)
Kunci : E
Penyelesaian :
Untuk menjadi sebuah paragraf yang baik harus memenuhi
syarat bahwa sebuah paragraph harus koherensi (perpaduan antarkalimat) dan juga
harus logis, Dengan demikian agar menjadi paragraf yang baik, urutan yang benar
dari keempat kalimat tersebut adalah :
(5) Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut
lebih dari 160. (3) Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang
mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di
atas level normal (lebih dari 100). (1) Syukur-syukur jadi anak superior dengan
IQ di atas 130. (4) Harapan ini tentu sah saja. (2) Dalam paradigma IQ dikenal
kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140.
44. Dalam
perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar.
Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya
bertanya pada teman apa arti "Osama". Ternyata berarti raja. Jepang
memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.
Perbaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf
tersebut adalah ........
- festifal, imaji, obyek
- festival, imajinasi, objek
- pestipal, imaji, objek
- festival, imajinasi, obyek
- festifal, imajinasi, objek
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan kata-kata tidak baku
dalam paragraf tersebut adalah :
a. festival tetap festival
b. imajinatif menjadi imajinasi
c. obyek menjadi objek
45. Pada
dasarnya ada dua jenis keritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan
kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisis karya
berdasarkan bentuk dan gayanya, secara komplek. Penulisan kata serapan
dalam kutipan di atas tidak sesuai dengan EYD.
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ...
- kritik, ektrinsik, komplek
- kritiks, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
- kritik, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
Kunci : D
Penyelesaian :
Kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa asing atau
bahasa daerah.
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD yaitu :
a. keritik menjadi kritik
b. extrinsik menjadi ekstrinsik
c. komplek menjadi kompleks
46. Namun
semua terjadi di luar perhitungan. Tidak dapat dihindari, mereka melihat anak
itu dan dapat menandai dari seragam sekolah yang dikenakannya. Seorang dari
mereka datang ke arah kami, mencengkeram, dan merenggut kerah baju di bagian
lehernya.Terdengar benang putus di bagian kerah yang direnggut anak itu. Mereka
menyeretnya dari sisiku. Aku langsung bertindak mencegahnya. ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
........
- Kelompok pelajar yang sedang
diamuk marah itu langsung memukuli anak itu.
- Kemudian dengan sangat brutal
mereka melakukan penganiayaan pada anak itu.
- Akan tetapi, mereka mendorongku
dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas lantai.
- Mereka dengan berang kembali
menendang, memukul, dan menghempas anak itu.
- Untunglah pada saat yang sama
seorang polisi sedang merazia pelajar di gerbong lain.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kalimat terakhir berbunyi : "Aku langsung bertindak
mencegahnya ...... (dari kalimat ini dapat ditarik kesimpulan adanya tindakan
pembelaanku terhadap anak tersebut yang mengakibatkan tindakan balasan dari
mereka terhadap diriku). Kalimat yang tepat untuk melengkapinya adalah akan
tetapi, mereka mendorongku dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas
lantai.
47. (1)
Hanya helaan napas yang terdengar berat dan panjang. (2) Pak Kus gelisah sejak
tadi, perasaannya campur aduk. (3) Jangan-jangan Ketua Yayasan telah tahu kalau
dirinya suka menerima amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa pulang
untuk kebutuhan keluarga. (5) Sebab orang nomor satu di sekolah itu terkenal
tegas, disiplin, dan mengagungkan kejujuran dalam hidupnya.
Kalimat yang tidak padu atau sumbang dalam paragraf
tersebut adalah nomor........
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : D
Penyelesaian :
Gagasan utama dalam paragraf wacana di atas adalah
kegelisahan Pak Kus. Kalimat yang tidak berisikan kegelisahan Pak Kus adalah kalimat
(4) Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan keluarga.
48. AKU
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
........
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
Karya: Chairil Anwar
Larik bermajas metafora yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah .....
- Aku ini binatang jalang
- Aku manusia biasa
- Aku orang tak berguna
- Aku memang miskin
- Aku bodoh dan malas
Kunci : A
Penyelesaian :
Majas metafora adalah perbandingan antara dua hal yang
dianggap memiliki persamaan sifat. Larik bermajas metafora yang tepat adalah
aku ini binatang jalang.
49. Ica : Sudah lama kita tidak bertemu teman kita ya, Gus?
Gus : Benar, Ca. Sudah rindu rasanya berkumpul seperti dulu.
Ica : ........
Gus : Itu ide yang bagus. Kapan kita wujudkan?
Ica : Liburan akhir tahun pelajaran saja.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah
....
- Bagaimana kalau kita adakan reuni?
- Berkumpul-kumpul seperti apa yang kamu maksudkan?
- Kapan kita berkumpul dengan teman-teman?
- Di mana kita laksanakan acara kumpul tersebut?
- Ah, itu sangat mudah untuk dilakukan lagi, asal mau saja?
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat tanya yang tepat untuk menyampaikan suatu gagasan
dapat digunakan kata Tanya bagaimana. Kata tanya kapan digunakan
untuk menanyakan waktu, kata tanya di mana untuk menanyakan tempat.
Jadi, kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah bagaimana
kalau kita adakan reuni?
50. (1)
Siswadi : (tertawa sendirian)
(2) Sarbini : Jangan tertawa. Saya sungguh-sungguh ini. Kau
tahu bahwa aku sudah lama hidup sendirian.
(3) Siswadi : Kau sudah pernah berbicara dengan dia?
(4) Sarbini : Sudah.
(5) Siswadi : Jadi, bagaimana kau bisa kira-kira dia mau
menerima kau?
(6) Sarbini : Aku takut, jangan-jangan ...
Perbaikan kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah ...
- Kemarin lusa.
- Belum pernah.
- Kakakku yang bicara.
- Tadi pagi.
- Pastilah itu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah
belum pernah
0 komentar:
Posting Komentar